SELAMAT DATANG DI X-PRESION ENALD DITHA BLOG.... TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI....

OBAT EPILEPSI

       Epilepsi atau sawan atau penyakit ayan adalah suatu gangguan saraf yang timbul secara tiba-tiba dan berkala, biasanya dengan perubahan kesadaran. Penyebabnya adalah aksi serentak dan mendadak dari sekelompok besar sel-sel saraf di otak. Aksi ini disertai pelepasan muatan listrik

Obat saraf golongan antikonvulsan / obat epilepsi

Obat epilepsi terbagi dalam 8 golongan.

  1. Golongan Hidantoin: Fenitoin, Mefenotoin, Etotoin.
    Fenitoin/Phenytoin biasa dalam bentuk garamnya yaitu Phenytoin Na dengan sediaan kapsul 50 mg dan 100 mg, serta ampul untuk suntik 100mg/2 ml.
  2. Golongan Barbiturat: Fenobarbital, Primidon.
    Fenobarbital atau Phenobarbital tersedia dalam bentuk garamnya untuk sediaan suntik dengan kemasan ampul 200 mg / 2 ml. Juga ada yang dikombinasi dengan golongan hidantoin (Diphenylhidantoin) tersedia dalam bentuk tablet.
  3. Golongan Oksazolidindion: Trimetadion.
  4. Golongan Suksinimid: Etosuksimid, Karbamazepin, Ox Carbazepine
  5. Golongan Benzodiazepin: Diazepam, Klonazepam, Nitrazepam, Levetiracetam
  6. Golongan Asam Valproat dan garamnya (Divalproex Na)
  7. Golongan Phenyltriazine; Lamotrigine

    Lamotrigine dapat menyebabakan ruam yang berakibat fatal sehingga menimbulkan cacat atau kematian. Beritahu dokter anda kalau anda minum juga obat golongan asam valproat, karena obat golongan ini dapat meningkatkan efek samping Lamotrigine. Selain sebagai obat epilepsi juga digunakan untuk memperpanjang periode serangan pada penderita depresi, mania dan perasaan yang abnormal lainnya pada penderita bipolar I.
  8. Golongan Gabapentin dan turunannya (Pregabalin)
    Pregabalin digunakan untuk mengontrol serangan epilepsi. Obat epilepsi ini tidak menyembuhkan epilepsi dan hanya akan bekerja untuk mengontrol serangan epilepsi sepanjang minum obat epilepsi ini. Obat ini juga digunakan untuk nyeri syaraf yang disebabkan penyakit herpes (post herpetic neuralgia) dan nyeri akibat kerusakan syaraf karena diabetes. Pregabalin baru tersedia dalam bentuk kapsul 75 mg.
  9. Lainnya: Fenasemid, Topiramate
    Topiramate merupakan obat epilepsi baru dengan sediaan tablet 25 mg, 50 mg dan 100 mg juga dalam bentuk kapsul sprinkle 15 mg, 25 mg dan 50 mg. Diminum sebelum atau sesudah makan dengan air segelas penuh.
    Semua obat epilepsi harus diminum sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebihkan dosis dan waktu pengobatan yang diberikan oleh dokter, juga jangan hentikan pengobatan tanpa memberitahu dokter anda.

Obat
Jenis epilepsi
Efek samping yg mungkin terjadi
KarbamazepinGeneralisata, parsialJumlah sel darah putih & sel darah merah berkurang
EtoksimidPetit malJumlah sel darah putih & sel darah merah berkurang
GabapentinParsialTenang
LamotriginGeneralisata, parsialRuam kulit
FenobarbitalGeneralisata, parsialTenang
FenitoinGeneralisata, parsialPembengkakan gusi
PrimidonGeneralisata, parsialTenang
ValproatKejang infantil, petit malPenambahan berat badan, rambut rontok

Tabel. Obat Epilepsi dan efek sampingnya

      Ada dua mekanisme obat epilepsi yang penting yaitu dengan mencegah timbulnya letupan depolarisasi eksesif pada neuron epileptik dan dengan mencegah terjadinya letupan depolarisasi pada neuron normal akibat pengaruh dari fokus epilepsi.
Obat epilepsi digunakan terutama untuk mencegah dan mengobati bangkitan epilepsi (epileptic seizure). Golongan obat ini lebih tepat dinamakan antiepilepsi; sebab obat ini jarang digunakan untuk gejala kejang/konvulsi penyakit lain.
Pasien perlu berobat secara teratur. Pasien atau keluarganya dianjurkan untuk membuat catatan tentang datangnya waktu bangkitan epilepsi.
Pemeriksaan neurologik disertai EEG perlu dilakukan secara berkala. Di samping itu perlu berbagai pemeriksaan lain untuk mendeteksi timbulnya efek samping sedini mungkin yang dapat merugikan, antara lain pemeriksaan darah, kimia darah, maupun kadar obat dalam darah.
Fenitoin dan karbamazepin merupakan obat pilihan utama untuk pengobatan epilepsi kecuali terhadap epilepsi petit mal.

Penyakit Epilepsi

        Ada beberapa jenis epilepsi dan yang paling umum adalah bentuk grand mal, petit mal dan temporal.
  1. Grand mal. Cirinya adalah kejang kaku bersama kejutan-kejutan ritmis dari anggota badan dan hilangnya kesadaran untuk sementara. Penderita kadang-kadang menggigit lidahnya sendiri dan juga dapat terjadi inkontinensia urin atau feses.
  2. Petit mal. Cirinya serangan yang singkat, antara beberapa detik sampai setengah menit dengan penurunan kesadaran ringan tanpa kejang-kejang. Gejalanya berupa keadaan termangu-mangu (pikiran kosong, kehilangan respon sesaat), muka pucat, pembicaraan terpotong-potong atau mendadak berhenti mendadak.
  3. Temporal atau psikomotor. Pada serangan parsial ini, kesadaran menurun hanya untuk sebagian tanpa hilangnya ingatan. Penderita memperlihatkan kelakuan tidak sengaja tertentu seperti gerakan menelan atau berjalan dalam lingkaran.
Untuk pemilihan obat epilepsi yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Penulis : Xpresion_Enald ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel OBAT EPILEPSI ini dipublish oleh Xpresion_Enald pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan OBAT EPILEPSI
 

1 komentar:

  1. Sebaik sahaja Jennifer anak perempuan saya berumur sembilan tahun, dia mengalami penyitaan pertama. Beberapa ubat-ubatan dan diet ketogenik gagal membawa perkara-perkara yang teratur. Saya dan suami saya meneroka beberapa pilihan pembedahan. Setiap lawatan doktor ditemui dengan poking dan dorongan, kekurangan tidur, menyapu dari ubat-ubatan,
    dan ditambatkan kepada monitor EGG selama beberapa hari. Anak perempuan saya dinafikan pembedahan dan walaupun 14 ubat gagal; kami terus mencari alternatif. Kami kemudian menemui beberapa kumpulan doktor perubatan dari India yang menjadi ubat herba dalam menyediakan penyembuhan lengkap untuk penyitaan dan epilepsi. Laman web mereka adalah www.natonatureheals.
    com kita tidak benar-benar memahami bahasa tapak seperti yang ditulis dalam bahasa Inggeris, tetapi ada pilihan di bahagian bawah laman web untuk menterjemahkan bahasa ke bahasa asal kita. Oleh itu, kami menghubungi mereka melalui borang hubungan di laman web mereka dan mereka memberi kami penjagaan pelanggan dan pakar herba yang memahami bahasa kami.
    Kami menjelaskan secara terperinci bagaimana dan apabila gejala kejang diwujudkan di anak perempuan kami. Mereka bertanya kepada kami beberapa soalan, menyiapkan campuran dan dihantar ke kami di depan pintu kami sebaik sahaja kami membuat pembayaran. Anak perempuan saya mengambil campuran ini untuk tempoh tiga puluh enam hari,
    dan saya dengan ikhlas dapat memberitahu anda bahawa sehingga hari ini anak saya tidak mempunyai gejala penyitaan lagi. Semua terima kasih kepada Natonaureheals pasukan herba untuk memberi ubat untuk anak perempuan saya, mereka boleh melakukan perkara yang sama untuk anda jika anda menghubungi mereka melalui laman web mereka atau email mereka di sini natonatureheals@gmail.com

    BalasHapus